Oleh: uptdsdsariwangi | September 4, 2008

DANA BOS…

Bantuan Operasional Sekolah

Bantuan Operasional Sekolah

Bupati Tasikmalaya Drs. H. T. Farhanul Hakim, M.Pd yang diwakili Asisten Administrasi Pembangunan Ir. H. Dede Suparman, MM membuka secara resmi Asistensi dan Bimbingan Teknis Pertanggungjawaban Dana Bantuan Operasional Sekolah di Kabupaten Tasikmalaya, pada hari Senin (30/06) yang bertempat di Hotel Padjajaran Tasikmalaya. Hadir pada kesempatan tersebut Kepala BPKP dan Para KABID BPKP Propinsi Jawa Barat, Bawasda Kabupaten Tasikmalaya, Kabid SMP/SMA pada Dinas Pendidikan Kabupaten Tasikmalaya beserta jajarannya, Kepala PT POS Kabupaten Tasikmalaya dan jajarannya, Pengurus Asosiasi Kepala Sekolah Indonesia (AKSI) DPD Kabupaten Tasikmalaya, serta tamu undangan lainnya.

Pada kesempatan tersebut Ir. H. Dede Suparman, MM membacakan sambutan tertulis Bupati Tasikmalaya yang antara lain dikatakan bahwa, dalam rangka upaya penuntasan wajib belajar pendidikan dasar 9 tahun, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah telah menetapkan bahwa tujuan utama dari pembangunan pendidikan pada tingkat SD dan SMP adalah untuk memperluas dan meratakan layanan pendidikan, meningkatkan mutu pendidikan, dan meningkatkan mutu manajemen serta efisiensi penyelenggaraan pendidikan SD dan SMP. Dari tujuan tersebut diharapkan pencapaian APK SMP 95 %, pencapaian prestasi belajar siswa yang tinggi dan penyelenggaraan pendidikan dengan manajemen yang efektitif dan efisien, sebagai upaya untuk mencapai hal tersebut secara berkelanjutan dan terencana diantaranya adalah dengan diluncurkannya program Bantuan Operasional Sekolah (BOS) SD/SMP.

Kehadiran BOS di Sekolah tentunya perlu mendapatkan perhatian kita bersama, tidak sekedar menerima dana bantuan saja akan tetapi harus disikapi pula dengan perencanaan dan pengelolaan yang tepat dan cermat, sehingga tujuan dari bantuan BOS tersebut dapat tercapai, demikian pula administrasi pertanggungjawaban pengelolaan BOS tersebut dapat dilakukan sesuai dengan aturan yang berlaku. Bupati Tasikmalaya yang diwakili Asisten Administrasi Pembangunan mengharapkan, agar para peserta Bintek dapat memanfaatkan moment ini dengan sebaik-baiknya, sehingga akan semakin meningkatkan pengetahuan dan pemahaman tentang perencanaan, pelaksanaan dan pelaporan keuangan, perpajakan serta pembukuan.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Panitia Drs. Dadang Suherman, M.Pd dalam laporannya antara lain mengatakan, latar belakang kegiatan ini berdasarkan program kerja Asosiasi Kepala Sekolah Indonesia (AKSI) Kabupaten Tasikmalaya tentang peningkatan mutu pelayanan manajemen sekolah dan kenyataan empiric dari pengadministrasian pengelolaan keuangan (BOS) di tingkat SD dan SMP dilingkungan Dinas Pendidikan Kabupaten Tasikmalaya perlu ditingkatkan, maka AKSI bekerja sama dengan BPKP Wilayah Propinsi Jawa Barat, PT POS Indonesia dan Team PKBS BBM Bidang Pendidikan Kabupaten Tasikmalaya.

Adapun tujuan dari kegiatan ini adalah :
1. Meningkatkan penguasaan pembukuan dan pengisian format yang telah ditetapkan dalam Pedoman BOS dan BOS Buku dengan format pembukuan sesuai standar / norma yang telah ditentukan.
2. Meningkatkan keterampilan menyusun perencanaan dan pertanggungjawaban keuangan dana BOS dan BOS Buku.
3. Meningkatkan pemahaman mekanisme pelaporan keuangan.

Sedangkan jadwal pelaksanaan dimulai dari tanggal 30 Juni s/d 19 Juli 2008 dengan jumlah peserta pelatihan sebanyak 1323 orang terdiri dari 5 angkatan yaitu :
1. Angkatan I : 30 Juni s/d 02 Juli 2008 sebanyak 265 orang (Bendaharawan BOS SD)
2. Angkatan II : 02 s/d 04 Juli 2008 (156 orang Bendaharawan BOS SMP, Stap pembantu yang berkaitan dengan Bendaharawan BOS di SD dan Pengawas TK, SD SLB di UPTD Kecamatan = 78 orang dan Bendaharawan BOS SD = 31 Orang)
3. Angkatan III : 09 s/d 11 Juli 2008 sebanyak 265 orang (Bendaharawan BOS SD)
4. Angkatan IV : 11 s/d 13 Juli 2008 sebanyak 265 orang (Bendaharawan BOS SD) 5. Angkatan V : 17 s/d 19 Juli 2008 sebanyak 263 orang (Bendaharawan BOS SD).

(arsip humas kab tasik)

DANA BANTUAN OPERASIONAL SEKOLAH (BOS) DIGUNAKAN UNTUK :

  1. PEMBIAYAAN SELURUH KEGIATAN DALAM RANGKA PENERIMAAN SISWA BARU
  2. BUKU TEKS PELAJARAN DAN BUKU REFERENSI UNTUK DIKOLEKSI DI PERPUSTAKAAN
  3. MEMBELI BAHAN-BAHAN HABIS PAKAI
  4. MEMBIAYAI KEGIATAN KESISWAAN
  5. MEMBIAYAI ULANGAN HARIAN, ULANGAN UMUM, UJIAN SEKOLAH DAN LAPORAN HASIL BELAJAR SISWA
  6. PENGEMBANGAN PROFESI GURU
  7. MEMBAYAR BIAYA PERAWATAN SEKOLAH
  8. MEMBAYAR LANGGANAN DAYA DAN JASA
  9. MEMBAYAR HONORARIUM GURU DAN TENAGA KEPENDIDIKAN HONORER SEKOLAH YANG TIDAK DIBIAYAI PEMERINTAH PUSAT / DAERAH
  10. MEMBERI BANTUAN SISWA MISKIN UNTUK BIAYA TRANSPORT
  11. MEMBIAYAI KEGIATAN DALAM KAITAN DENGAN PENGELOLAAN BOS

Kategori

%d blogger menyukai ini: