Oleh: uptdsdsariwangi | September 6, 2008

Sariwangi Jadi Pusat Agrowisata dan Agrobisnis

Sariwangi

Kebun Sayuran dan Palawija di Sariwangi

SARIWANGI — 80 persen dari luas tanah 8534 hektar di Kecamatan Sariwangi direncanakan sebagai pusat agrowisata. Sebab wilayah Tasikmalaya bagian tengah itu kaya akan potensi hasil bumi. Terutama dari lahan itu turut didominasi sebagai lahan untuk petani sayuran.

Camat Sariwangi Drs. Tasri Sutasri, M.Si menjelaskan, wilayah lahan tanah Sawirangi sebagian besar digunakan lahan pertanian. Misalnya di lahan subur itu petani menanami kacang panjang, buncis dan jenis sayuran lainnya. “Bukan hanya lahan pertanian, bahkan di tiap halaman rumah dimanfaatkan menanam sayuran. Itu memungkinkan bahwa Sariwangi menjadi pusat agrowisata,” ujarnya, kemarin.

Lahan Palawija

Lahan Palawija

Tasri menggambarkan, per hari petani bisa menghasilkan 6 mobil pikap untuk mengangkut kacang panjang atau sekitar 1,2 ton per hari. „Jika diasumsikan harga kacang panjang Rp8000 per kilogram, berarti petani bisa menghasilkan uang Rp8,2 juta. Artinya per bulan rata-rata petani mendapatkan Rp246 juta. Sementara keuntungan yang diperoleh 80 persen dari penghasilan tani tadi,” terangnya.
Untuk mencapai tujuan pusat agrowisata, lanjut Tasri, pihaknya sangat memerlukan dukungan dari pemkab. Dukungan itu termasuk pembenahan infrastruktur, transfortasi serta fasilitas pendukung lainnya. (dir)

dikutip dari radar tasikmalaya

Palawija ini disalurkan ke Pasar yang berada dikota besar yaitu : bekasi, bogor, jakarta dan juga banjar. Satu harinya bisa mencapai lebih dari 6 mobil Pickup dan 3 Truk Dobel yang tergabung dalam GPSP Jabar. Oleh karena ini untuk dapat terus meningkatkan dan mempertahankan kualitas dan kuantitas, kami harap PEMDA Tasikmalaya menyediakan Pendidikan secara Intensif untuk Petani Palawija..selain itu dibutuhkan juga suatu instansi yang bergerak di pendidikan khusus bidang pertanian seperti SMK Pertanian dan SPMA untuk menyerap generasi penerus yang handal dan terpelajar dibidang pertanian.

dipublikasikan oleh : admin


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: