Oleh: uptdsdsariwangi | September 8, 2008

Gedung Setda Kab. Tasikmalaya Dibangun 2009

Kantor Setda Tasikmalaya

Kantor Setda Tasikmalaya

TASIKMALAYA(SINDO) – Pemkab Tasikmalaya menargetkan pada 2009 pembangunan Gedung Setda dan DPRD mulai dilaksanakan.

Pembangunan dua gedung itu dilaksanakan di pusat pemerintahan baru di Kecamatan Singaparna.Untuk memuluskan rencana tersebut, pemerintah telah mengalokasikan anggaran Rp23 miliar pada APBD perubahan tahun 2008 yang akan ditambah pada APBD tahun 2009 dan pinjaman daerah.

PemkabTasikmalaya memprediksi, pembangunan dua gedung tersebut membutuhkan dana kurang lebih Rp112 miliar.Alokasi anggaran akan ditambah pada APBD murni tahun 2009 sebesar Rp35 miliar dan sisanya, sebesar Rp54 miliar,pemerintah berencana mengalokasikannya dari pinjaman daerah.

”Kami baru bisa mengalokasikan anggaran sebesar itu, karena banyak kebutuhan lain yang memerlukan anggaran juga,” ungkap Ketua Panitia Anggaran yang juga Ketua DPRD Kabupaten Tasikmalaya Uu Ruzhanul Ulum kepada SINDO kemarin.

Uu menjelaskan, pengalokasian pada perubahan anggaran kali ini terpaksa dilakukan untuk percepatan pembangunan karena rencana pembangunan dengan sistem turn key project yang akan diambil Pemkab Tasikmalaya ternyata tidak ada respons yang baik dari para rekanan.

”Daripada menghambat lebih baik kami mulai alokasikan saja pada perubahan anggaran saat ini, karena sistem tersebut memerlukan perda yang pembahasannya cukup lama dan dipastikan menghambat pembahasan perubahan anggaran,” ujarnya.

Uu menegaskan,keputusan untuk mengalokasikan anggaran pada APBD perubahan saat ini sudah merupakan hasil konsultasi Pemkab Tasikmalaya dengan Depdagri. ”Upaya pemerintah menggunakan pinjaman daerah pada tahun 2009 mendatang dilakukan untuk menyelesaikan pembangunan gedung tersebut sebelum masa jabatan Bupati Tatang Farhanul Hakim berakhir pada tahun 2011.

Jadi,kepala daerah yang sekarang jangan sampai meninggalkan utang pada bupati selanjutnya. Pinjaman itu dilakukan dengan jaminan APBD,”ujarnya. Sementara itu,Wakil Bupati Tasikmalaya Endang Hidayat menyebutkan, anggaran yang ada sekarang masih jauh untuk mencukupi kebutuhan anggaran daerah secara keseluruhan. Pembangunan dilakukan secara bertahap.

Pembangunan pusat ibu kota pemerintahan yang baru pun dilakukan secara bertahap. ”APBD itu amanat rakyat, sehingga pelaksanaannya harus berpihak pada rakyat.Meski kami alokasikan kebutuhan untuk membangun gedung pemerintahan baru, tetapi diharapkan anggaran untuk kepentingan masyarakat juga tetap terjamin,”tandasnya. (nanang kuswara)

Mudah-mudahan dengan dibangunnya Kantor SETDA yang baru akan lebih meningkatkan kinerja seluruh SKPD di lingkungan Pemkab Tasikmalaya dan salahsatu tahap untuk mencapai visi dan misi kabupaten tasikmalaya, amieen !


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: